Idea Promosi Pariwisata Indonesia

Sumber: www.indonesiamatters.com ~ oleh The Righteous Dude, 19 Maret 2009

Dengan berkampanyenya Menteri Pariwisata dan Kebudayaan (seperti kebanyakan rekan-rekannya dan hampir semua anggota parlemen) untuk Pemilu Parlemen, saya pikir ini akan menjadi waktu yang cocok bagi yang lain guna membicarakan beberapa inisiatif baru untuk meningkatkan jumlah wisatawan internasional di Indonesia.

Saya pribadi berharap bahwa Indonesia akan belajar beberapa pelajaran dari promosi Visit Indonesia Year 2008, seperti:

















Garuda menyebarkan kata (salah) di bandara Changi di Singapura, Januari 2008

  • Pastikan slogan iklan menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang benar "Merayakan 100 Tahun Kebangkitan Bangsa" sudah menempel di pesawat Garuda sebelum ada yang menyadari ada masalah.
  • Ini menjadi "Merayakan 100 Tahun Kebangkitan Nasional". Bahkan lebih baik, menciptakan slogan yang akan memiliki makna bagi pengunjung internasional yang prospektif.
  • Sementara siswa sejarah Indonesia dapat mengetahui arti Kebangkitan Nasional pada tahun 1908, orang asing sangat sedikit yang tahu. Bahkan meski mereka tahu pun, hal ini hampir tidak akan mendorong mereka untuk mengunjungi negara ini.
Namun, Disparsenibud telah menunjukkan bahwa program ini hanya akan diperpanjang untuk tahun ini, jadi mungkin kita bisa mencari hal lain untuk inisiatif pada tahun 2009.

(Ya, Indonesia telah menandatangani tawaran menjadi tuan rumah 2018 atau Piala Dunia 2022, tapi saya berpikir sedikit lebih jangka pendek.)

Berikut adalah beberapa ide pribadi saya atas apa yang Departemen Pariwisata dan Kebudayaan bisa lakukan untuk mendorong lebih banyak wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia:

Berikan lebih banyak wisatawan masuk gratis
  • Hal ini terjadi bagi kebanyakan negara sampai 2004, ketika semua (kecuali ASEAN warga, Peru dan Ekuador?) harus membayar $ US25 untuk visa pada saat kedatangan!
  • Menjadikan wisatawan dari negara-negara yang paling populer mengunjungi Bali masuk gratis (pada tahun 2008 Jepang adalah nomor 1, diikuti oleh Australia), akan meningkatkan daya saing internasional dengan Singapura dan Malaysia (yang tidak memungut wisatawan bayaran). Ini juga akan mengurangi waktu tunggu bandara untuk penumpang masuk - keluhan umum - karena pengunjung kemudian dapat melewati konter visa dan pergi langsung ke imigrasi.

Buat visa lebih panjang
  • Beberapa pengunjung internasional ingin tinggal lebih lama dari 30 hari dan mengunjungi banyak daerah di Indonesia. Namun, visa wisatawan tidak dapat diperpanjang, yang memaksa pembaruan visa yang mahal setiap bulan dengan pergi ke Singapura, Malaysia, PNG atau Timor Timur, dan kembali lagi ke Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang menggambarkan dirinya sebagai politikus "bisa kita lakukan", berjanji akan ada visa perjalanan wisata empat bulan dulu pada bulan Januari 2007, tapi tampaknya dia tidak bisa melakukan ini.

Cobalah untuk memperbaiki persepsi negatif negara
  • Apakah itu benar atau tidak, Indonesia dianggap oleh beberapa orang asing sebagai korup, rawan bencana baik alam dan buatan manusia (misalnya kecelakaan pesawat), dan lambat untuk bertindak atas pelanggaran hak asasi manusia dan terorisme. Tanggapan khas Indonesia adalah baik dengan mengecilkan hal tersebut, atau menggambarkannya sebagai masalah "internal" dan meminta masyarakat luar untuk tidak ikut campur, yang tidak banyak pengaruh untuk mengatasi masalah ini.

Bawa "The Amazing Race" untuk mengunjungi Indonesia
  • The Amazing Race adalah sebuah reality show TV di mana para peserta harus melakukan perjalanan ke berbagai negara di seluruh dunia dan melakukan tugas-tugas yang merupakan kebiasaan khas di negara-negara tersebut, seperti berlari hampir telanjang melalui kota Siberia pada temperatur sub-pembekuan

0 comments:

Post a Comment